Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
208 views

Tags

peta jalanglngerakan literasi nasional

Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional


  10 Jul 2019 - 04:49 pm (5 month ago)
  Content Language : Indonesian
   
Category  : Education

Indonesia dengan sumber daya alam yang kaya dan penduduk terbesar keempat di dunia berpeluang menjadi negara maju bila sumber daya tersebut dikelola dengan baik. Hasil studi McKinsey Global Institute (2012) yang menempatkan Indonesia di antara tujuh negaradengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030 membangkitkan optimisme baru bagi bangsa dalam meningkatkan daya saing dan kerja samanya di forum internasional. Ini dibuktikan, antara lain, dengan indeks daya saing global Indonesia yang cukup baik, yaitu pada peringkat ke-41 dari 138 negara.

Di sisi yang lain, beberapa data internasional terkait SDM menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-113 dari 187 negara, jauh di bawah peringkat negara ASEAN lainnya. Sementara itu, dalam penguasaan literasi, Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan hasil survei penilaian siswa pada PISA 2015 (diumumkan pada awal Desember 2016) yang menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-64 dari 72 negara. Rendahnya kemampuan literasi bangsa Indonesia ini menjadi persoalan serius dan memerlukan penanganan khusus untuk melancarkan jalan Indonesia menjadi negara maju.

Berkenaan dengan hal di atas, seharusnya kemampuan literasi tidak lagi hanya dipahami sebagai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga sebagai kecakapan hidup yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Meningkatkan kemampuan literasi bangsa perlu dibingkai dalam sebuah gerakan nasional yang terintegrasi, sehingga diperlukan pelibatan publik dalam setiap kegiatan literasi. Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antar unit utama termasuk Kemendikbud dan pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia serta hal ini juga sejalan dengan visi Kemendikbud untuk membentuk insandan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan dilandasi semangat gotong royong.

Buku ini membahas penyiapan generasi Indonesia abad XXI, literasi sebagai kecakapan hidup, literasi sebagai gerakan nasional serta sasaran dan strategi implementasi Gerakan Literasi Nasional.

Link

Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional

View Web Embed